Title
Bank Jogja Raih Predikat BPR Terbaik
Jumat, 18 Juni 2010

JOGJA - Di usianya yang ke-49, PD BPR Bank Jogja memperoleh kado istimewa yakni tercatat sebagai Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terbaik versi majalah Infobank. Penilaian ini menggunakan data akurat, berupa laporan keuangan BPR per Desember 2009 yang dipublikasikan di website Bank Indonesia.


Melalui penilaian dari sisi permodalan, aktiva produktiva, rentabilitas, likuiditas maupun efisiensi, dari sebanyak 1.675 BPR yang menyampaikan laporan keuangan, Bank Jogja berhasil menempati posisi teratas dengan nilai 98,13. Dari sisi kinerja, Bank Jogja akhirnya dinyatakan terbaik.


Direktur Utama Bank Jogja Mochammad Sutowo kepada Bernas Jogja, Senin (14/6), menjelaskan predikat itu akan memberikan dampak positif. Setidaknya akan meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap Bank Jogja.

Dirut Bank Jogja Mochammad Sutowo

Dirut Bank Jogja Mochammad Sutowo

Karena itu Sutowo minta para nasabah tidak ragu-ragu. Selain milik pemerintah (Pemkot Yogyakarta), Bank Jogja juga dijamin oleh LPS. Dengan posisi tersebut, background Bank Jogja sangat jelas yaitu bank berpelat merah.


Ditanya mengenai predikat yang diberikan Infobank, Sutowo mengatakan sebagai majalah independen, Infobank tidak main-main dalam memberikan penilaian. Apalagi dalam menyusun pemeringkatan kinerja bank. Semua menggunakan kriteria yang jelas.


"Kami tidak pernah menghubungi Infobank. Infobank menilai kinerja bank dengan menggunakan laporan keuangan per Desember 2009 yang dirilis oleh Bank Indonesia. Kami sebenarnya tidak mengetahui ada penilaian dari Info bank," ungkapnya.


Mengenai laju pertumbuhan Bank Jogja, menurut Sutowo, berjalan cukup pesat. Setidaknya hingga Juli 2010, Bank Jogja memiliki 19.324 nasabah tabungan, 1.290 nasabah deposito serta 7.636 nasabah kredit (kreditur).


Sedangkan jumlah tabungan hingga kini mencapai Rp 26,861 miliar dan deposito berjangka mencapai Rp 68,072 miliar. Kredit yang diberikan mencapai Rp 150,019 miliar. Dengan posisi seperti itu pada tahun 2010 Bank Jogja mampu mendapatkan laba bersih sekitar Rp 5 miliar.


Meski berada di posisi puncak dengan mendapatkan predikat sebagai BPR terbaik, Bank Jogja terus berupaya maksimal meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan mengembangkan kantor Bank Jogja yang berlokasi di Jalan Patangpuluhan No. 1 Yogyakarta. (skd)


Bernas, 15 Juni 2010